Wako Erman Safar Dukung Penuh Duta Genre,Terpilih Pemenang Pertama Perwakilan Bukittinggi

    Wako Erman Safar Dukung Penuh Duta Genre,Terpilih Pemenang Pertama Perwakilan Bukittinggi
    Walikota Bukittinggi Erman Safar, Ketua TP-PKK Fiona Agyta Erman Safar, kadis DP3APPKB Nauli Handayani dal.acara Duta Genre

    Bukittinggi - Walikota Bukittinggi H.Erman Safar, SH dan Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Fiona Agyta Erman Safar menunjukkan dedikasinya untuk mewujudkan generasi muda yang tangguh di berbagai aspek berkehidupan.Generasi Berencana (Genre) merupakan salah satu program yang dimiliki Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) untuk memberikan wawasan bagi anak muda tentang kesehatan reproduksi  hingga menciptakan para remaja yang bebas dari penyalahgunaan narkoba, seks bebas dan HIV/AIDS.

    Wako dan Ketua TP-PKK kota Bukittinggi sangat mendukung penuh pelaksanaan dan pencapaian program Generasi Berencana (Genre) tersebut.

    BKKBN melaksanakan ajang pemilihan remaja putra dan putri untuk menjadi figur percontohan dan motivasi di kalangan remaja lainnya dengan “Duta Generasi Berencana (Duta Genre).

    Ajang ini dilaksanakan secara berjenjang di masing-masing kabupaten/kota, provinsi hingga di tingkat nasional.

    Pada pemilihan Duta Generasi Berencana (Duta Genre) tingkat Provinsi Sumatera Barat tahun 2023 ini  terpilih menjadi pemenang pertama kategori remaja putri adalah Duta Genre perwakilan Bukittinggi atas nama Ririn Putri Arta, salah seorang  pelajar SMA Negeri 1 Bukittinggi.

    Kepala Dinas Pemberdayaan Perempuan, Perlindungan Anak, Pengendalian Penduduk dan Keluarga Berencana (DP3APPKB) Kota Bukittinggi Nauli Handayani menyampaikan kepada awak media pada Minggu (30/7/2023), DP3APPKB melaksanakan program untuk mewujudkan ketahanan remaja yang ditekankan oleh pimpinan daerah  sehingga para remaja di Kota Bukittinggi memiliki ruang  beraktivitas bernilai positif atau kebaikan.

    Duta Generasi Berencana (Duta Genre) menjadi ajang pembuktian pembinaan bagi para remaja itu.  Sejak dini anak muda kategori remaja dibekali literasi dan wawasan untuk merencanakan kehidupannya di masa mendatang, sehingga ketika tiba waktu untuk berumah tangga maka kecakapan dan kepiawaian dalam membina sebuah keluarga dapat dengan mudah diaplikasikan.

    Dalam acara Genre Award 2023 yang diselenggarakan oleh Badan Kependudukan dan Keluarga Berencana Nasional (BKKBN) Perwakilan Sumatera Barat ini Walikota Bukittinggi Erman Safar dan Ketua TP PKK Kota Bukittinggi Fiona Agyta Erman Safar dianugerahi penghargaan sebagai Ayah Bunda  Kategori Pengayom. Kemudian, Ririn Putri Arta berhak menjadi perwakilan Provinsi Sumatera Barat dalam pemilihan Duta Genre tingkat Nasional, setelah dinobatkan menjadi Duta Genre Sumatera Barat tahun 2023 kategori remaja putri.

    Walikota Bukittinggi dan Ketua TP PKK Kota Bukittinggi berusaha agar di daerah ini tidak terjadi perilaku menyimpang yang melibatkan generasi muda yakni para remaja serupa seks bebas, LGBT, dan pembulyan.

    Dinas P3APPKB Kota Bukittinggi juga rutinkan pelaksanaan sosialisasi ke satuan pendidikan di daerah ini agar dipastikan  tidak terjadi perilaku menyimpang di kalangan remaja di sekolah.

    "Kita patut berbangga perwakilan Kota Bukittinggi dalam Genre Award 2023 tingkat Sumatera Barat diraih oleh Duta Genre Kota Bukittinggi, itu Ririn Putri Arta menjadi pemenang pertamanya untuk remaja putri, " terangnya.

    Lanjut dikatakannya, hebatnya, pada Genre Award 2023 itu bapak Walikota Bukittinggi dan Ibu Ketua TP PKK Kota Bukittinggi juga menerima penghargaan sebagai Ayah Bunda Genre kategori pengayom.

    "Pak Walikota dan Ibu Walikota kita ini berusaha agar remaja di Kota Bukittinggi terhindar dari persoalan perilaku menyimpang serupa seks bebas, LGBT, dan bully. Jadi, Genre ini menjadi konsentrasi pimpinan daerah yang kita dari dinas P3APPKB tindaklanjuti  pelaksanaan programnya di lapangan, " tukuknya

    Kepala Dinas P3APPKB Kota Bukittinggi Nauli Handayani menyebutkan Pemerintah Kota Bukittinggi optimis Ririn Putri Arta menjadi yang terbaik hingga lebih unggul dari para remaja putri di 19 kabupaten/kota di Sumatera Barat. Tentu, Pemerintah Provinsi Sumatera Barat akan mempersiapkan Duta Genre ini melaju ke nasional.

    Disebutkan, Duta Genre Kota Bukittinggi dan Duta Genre Sumatera Barat 2023  Ririn Putri Arta ini memiliki inovasi yang dapat disikapi dalam penanganan kasus stunting, dimana stunting adalah isu nasional  yang hingga sekarang terus mendapatkan perhatian untuk dilakukan penanganan nyatanya, agar tidak ada lagi terlahir anak stunting, termasuk di Kota Bukittinggi.

    Duta Genre ini menjadi pelopor dan pelapor dari program BKKBN sehingga mampu menjadi tutor sebaya agar para remaja mengetahui dan memahami bahwa merencanakan kehidupan di masa depan itu penting, membina sebuah keluarga bukanlah hal instan, tetapi ada proses dan tahapan yang dilalui.

    Menurut Nauli, Ririn Putri Arta menjadi nama yang mengukir Kota Bukittinggi dalam ajang Duta Genre  tingkat Sumatera Barat dikarenakan beberapa tahun lalu, sudah ada beberapa nama yang menjadi jawara ajang itu. Hal tersebut seharusnya menjadi tolak ukur bahwa komitmen Kota Bukittinggi terbukti dan teruji untuk membawa perubahan ke arah yang lebih baik dengan kekuatan bersama para remaja.

    Dipaparkannya, Ririn Putri Arta ini sebenarnya bukan nama yang baru pada pemenang Duta Genre Sumatera Barat, di masa sebelumnya juga ada Puti Nilam Sari yang menjadi pemenang pertama Duta Genre wakil Kota Bukittinggi di Duta Genre Sumbar. Kita yakin Ririn dapat menjadi pemenang di Duta Genre tingkat Nasional.

    "Para duta Genre ini memiliki inovasi untuk dapat diterapkan  di kalangan para remaja. Mereka menjadi tutor sebaya  tentang merencanakan kehidupan di masa  mendatang. Ririn Putri Arta ini punya inovasi dalam penanganan kasus stunting, kita akan tindaklanjuti itu, ”ucapnya.(LindaFang).

    bukittinggi sumatera-barat
    Linda Sari

    Linda Sari

    Artikel Sebelumnya

    Pemko Bukittinggi melalui Dinsos Serahkan...

    Artikel Berikutnya

    Membludak! Reses Wakil Ketua DPRD Masa Sidang...

    Berita terkait

    Rekomendasi

    Hendri Kampai: Kemampuan Menulis  Seorang Jurnalis Terlihat dari Judul Beritanya
    Perusahaan Pers Perorangan Adalah Solusi Bagi Jurnalis Profesional dan Indenpenden
    Adanya UU ITE dan UU Keterbukaan Informasi, UU Pers Perlu Direvisi dan Dewan Pers Sudah Layak Dibubarkan
    Anda Termasuk yang Mana, Tukang Posting, Penulis Kejar Setoran, atau Seorang Jurnalis?
    Regulasi dan Tantangan Sertifikasi Kompetensi Kerja di Indonesia: Antara Standar Nasional dan Invasi Sertifikasi Asing

    Ikuti Kami